Kamis, 06 September 2012

Tips Mengembalikan Kesegaran Pikiran

Menuruti pekerjaan itu tidak ada habisnya. Setiap satu pekerjaan selesai, akan bermunculan pekerjaan lain yang menuntut untuk dikerjakan. Jenis pekerjaan yang memerlukan konsentrasi pikiran, paling rentan mendapatkan rasa stres.
Padahal, kemampuan fokus dan konsentrasi manusia itu hanya efektif 25 menit jika dilakukan terus menerus. Sehabis itu, konsentrasi mudah terganggu.
Bila Anda mendapati jalan buntu untuk konsentrasi, sebaiknya istirahatkan otak Anda. Memaksanya malah akan menimbulkan kepenatan yang sangat. Sebagaimana mesin, otak Anda juga memerlukan waktu untuk disegarkan demi mengembalikan kinerja optimalnya. Banyak cara yang bisa Anda lakukan. Contohnya sebagai berikut:
  • Mendengar musik
Pasanglah jenis musik yang menenangkan. Saat didengarkan sambil duduk, musik slow bermanfaat untuk sumber daya mental Anda. Jika Anda jago main alat musik, tidak ada salahnya memainkannya dan hanyut dalam permainan Anda.
  • Olahraga
Selain bermanfaat untuk mendapatkan fisik yang bugar, olahraga juga merupakan aktivitas penyegar pikiran. Sempatkan untuk berolahraga di sela kesibukan rutin Anda.
  • Tertawa
Saat tertawa, tubuh melepaskan zat endorfin yang berfungsi mengembalikan mood dan memberi rasa bahagia. Tidak heran bila terapi tertawa itu menyehatkan pikiran, apalagi buat Anda yang terlalu stres menghadapi beban pekerjaan.
  • “Olahraga” mental
Otak manusia dirancang untuk menyukai tantangan. Saat merasa lelah pikiran, Anda bisa mencoba melakukan hal lain yang bersifat menantang dan menyenangkan. Misalnya, Anda  menganalisa penyelesaian masalah dari buku cerita misteri yang Anda gemari.
  • Sosialisasi
Mengenal orang lain dapat membuat otak menjadi segar. Karena, sebagai manusia, Anda memerlukan hal baru dalam hidup. Hidup monoton menyebabkan Anda kurang bergairah dan pikiran menjadi jenuh. Bergaullah dengan teman dan bahaslah sesuatu di luar hal yang membuat Anda bosan.
  • Tidur pendek
Tidur pendek tidak bisa disepelekan. Beberapa menit waktu yang Anda habiskan untuk tidur pendek, mampu mengembalikan sebagian tenaga dan konsentrasi.
  • Hiruplah aroma yang enak
Bau-bauan yang enak  dapat menenangkan syaraf otak Anda. Anda bisa mencoba terapi aroma untuk mengatasi kejenuhan pikiran.
  • Pijat
Pijat mampu meredakan ketegangan otot saat stres. Anda bisa mencoba melakukan pijatan untuk mengembalikan kesegaran mental.
  • Mandi
Seember air hangat untuk mandi dapat menenangkan otot dan pikiran.
  • Berkhayal
Orang dewasa tetap memiliki sifat kekanakan. Tidak ada salahnya Anda berkhayal seperti waktu kecil dulu. Bebaskan pikiran Anda dengan khayalan yang membahagiakan. Cara ini bisa mengembalikan konsentrasi Anda untuk melanjutkan tugas di keesokan hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar