Kamis, 06 September 2012

Lemak Perut Berbahaya untuk Orang Berpenyakit Jantung

Pikir-pikir dulu kalau mau menimbun lemak dalam tubuh. Karena, jika Anda berpenyakit jantung, lemak yang tersimpan di perut adalah katalis untuk terjadinya serangan jantung. Peneliti Francisco Lopez-Jimenez mengatakan, dari data 16 ribu serangan jantung di seluruh dunia, menunjukkan korelasi antara serangan jantung dengan tumpukan lemak di perut. Para peneliti dari Klinik Mayo, Rochester, Minnesota itu, mendapati orang berpenyakit jantung yang memiliki sedikit lemak perut sekalipun, memiliki resiko meninggal dua kali lipat dibanding yang berlemak pada bagian tubuh lain.
“Kami mendapati orang yang berlemak lebih banyak di perut daripada pinggul – atau dengan perut terlalu besar, memiliki kemungkinan 25 sampai hampir 70 persen untuk meninggal dunia dibandingkan mereka yang memiliki distribusi lemak normal,” ujar Lopez-Jimenez, seperti dikutip VOA News.
Adanya distribusi lemak pada bagian tubuh lain, menurut para ahli, justru lebih baik. Lopez-Jimenez mengatakan, bahayanya lemak perut  terletak pada metabolisme. Lemak perut menyebabkan metabolisme lebih aktif yang berujung pada peningkatan kolesterol dan tekanan darah.“Semua faktor itu bisa menyebabkan penyakit jantung. Bagi seseorang yang sudah berpenyakit jantung, kami yakin faktor-faktor itu akan semakin memperburuk,” katanya.
Namun, lemak perut adalah lemak yang paling mudah dihilangkan. Diet rendah kalori, makan makanan berserat tinggi, dan berolahraga rutin bisa sebagai solusi jitu.
http://sidomi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar