Jumat, 07 September 2012

Jenis Makanan untuk Perbaiki Kualitas Tidur

Anda sering tidur kurang nyenyak atau terserang insomnia? Hal tersebut pasti mengganggu aktivitas Anda. Karena, orang yang kurang tidur biasanya menjalani hari dengan perasaan malas, pegal, pusing, dan berbagai maslaah kesehatan lainnya. Padahal, kualitas tidur itu dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel otak, bahkan memperlancar metabolisme tubuh.
Saat Anda bermasalah dengan tidur, sebenarnya bisa diperbaiki dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebagian jenis makanan  berguna dalam memperbaiki kualitas tidur. Dan, Anda tidak perlu mengonsumsi obat kimia hanya untuk membuat mata terlelap. Seperti dilansir Healthmeup, berikut ini jenis makanan tersebut:
  • Madu
Madu juga dapat memperbaiki kualitas tidur secara alami. Anda bisa mengonsumsinya langsung, atau menambahkannya pada minuman dan makanan.
  • Kacang almond
Kacang almond dapat membantu untuk tidur nyenyak. Karena, almond mengandung magnesium yang dapat merelaksasi otot dan memudahkan untuk tidur. Makanlah almond 2-3 jam sebelum tidur.
  • Sereal dengan yoghurt
Memadukan sereal dengan yoghurt dapat mengaktifkan serotinin di otak. Zat ini berfungsi menyetabilkan mood dan meningkatkan kualitas tidur. Saat serotinin kadarnya meninggi, maka mata Anda akan mengantuk.
  • Popcorn tanpa gula dan mentega
Karbohidrat dalam popcorn memberikan asupan asam amino (trytophan) bagi otak yang dipakai untuk menghasilkan serotinin. Sehingga, seperti sereal, saat serotinin meningkat maka mengantuklah Anda.
  •  Telor rebus
Makan telor rebus, selain mendapatkan perlindungan tubuh dengan kandungan proteinnya, juga membantu memperbaiki  kualitas tidur. Tapi, jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, cukup makan putihnya saja. Hindari kuning telor yang kaya kolesterol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar