Kamis, 06 September 2012

CT-scan Mampu Deteksi Dini Potensi Kanker Paru-Paru pada Perokok dan Mantan Perokok

Anda seorang perokok atau mantan perokok yang ingin melihat kesehatan paru-paru Anda? Jangan tunda lagi untuk memeriksakan paru-paru Anda menggunakan alat CT-scan. Studi lima tahun yang dilakukan Institut Kanker Ameika (NCI), menyatakan, perokok atau mantan perokok yang mengidap kanker, bisa dideteksi lebih dini dan akurat dengan menggunakan alat ini dibanding ronsen biasa. CT-scan dapat memberikan pencitraan paru-paru secara tiga dimensi untuk mendeteksi tumor yang berpotensi kanker berukuran seperti beras,
Dalam studi tersebut, seperti dilansir VOA News, membandingkan hasil ronsen paru-paru bergabar tunggal dengan CT-scan  pada sekelompok perokok berat dan mantan perokok lebih dari 53 ribu orang di rumah sakit Amerika.
Ketika periset melakukan follow-up pada Desember 2009, jumlah pasien yang selamat sejumlah 20 persen lebih. Mereka secara rutin menjalani CT-scan, sisanya hanya menjalani ronsen biasa. Hasil CT-scan lebih peka dalam melacak luka paru-paru yang terkena kanker. Dengan menemukan potensi kanker lebih dini, maka pengobatannya pun lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar